Berakhirnya Duopoli Messi-Ronaldo Di Ballon d’Or 2018?

JKTNEWS.COM – Dalam 10 tahun terakhir, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo mendominasi Ballon d’Or. Tahun 2018 ini, Ballon d’Or digadang-gadang bakal mempunyai pemilik baru.

Sejak 2008 sampai 2017, Ballon d’Or dimenangi oleh Ronaldo dan Messi. Kedua mega bintang sepak bola itu masing-masing meraih penghargaan itu lima kali.

Messi dan Ronaldo memang masih masuk ke daftar 30 kandidat pemenang Ballon d’Or 2018. Namun peluang keduanya untuk jadi kembali jadi pemenang dinilai tidak sebesar tahun-tahun sebelumnya.

Tahun ini, gelandang Real Madrid dan timnas Kroasia, Luka Modric, disebut-sebut jadi favorit. Apalagi gelandang 33 tahun itu sebelumnya juga terpilih sebagai Pemain Terbaik Dunia FIFA 2018.

Modric memang tampil sip bersama Madrid dan timnas Kroasia. Usai mengantar Madrid memenangi Liga Champions, Modric membawa Kroasia sampai ke final Piala Dunia 2018. Ia juga terpilih sebagai pemain terbaik di Rusia dengan menyabet Golden Ball.

Pesaing utama Modric untuk Ballon d’Or 2018 adalah pemain-pemain Prancis. Ada tujuh pemain Prancis, enam di antaranya adalah bagian dari skuat Les Bleus yang menjadi juara Piala Dunia 2018.

Keenam pemain tersebut adalah Antoine Griezmann, N’Golo Kante, Hugo Lloris, Paul Pogba, Raphael Varane, dan Kylian Mbappe.

Tiga finalis Ballon d’Or 2018 memang belum diumumkan. Namun bocoran dari jurnalis Prancis menyebut mereka yang masuk tiga besar adalah Modric, Varane, dan Mbappe.

Pemenang Ballon d’Or 2018 akan ditentukan oleh sebuah panel yang terdiri dari para jurnalis internasional, dengan satu wakil per negara. Setiap panelis akan memilih lima kandidat teratas.

Kandidat pertama akan mendapat enam poin, yang kedua dapat empat poin, yang ketiga dapat tiga poin, yang keempat dapat dua poin, dan yang kelima dapat satu poin.

Ada tiga kriteria yang jadi penilaian. Pertama, performa individu dalam satu tahun kalender. Kedua, bakat dan sisi fair play pemain. Dan yang ketiga adalah penilaian karier si pemain secara keseluruhan.

Malam penghargaan Ballon d’Or 2018 akan digelar di Paris, Prancis, Senin (3/12) malam waktu setempat. Siapa yang akan jadi pemenang?

Berikut ini adalah 30 nomine peraih Ballon d’Or 2018:

Sergio Aguero (Argentina/Man City)
Gareth Bale (Wales/Real Madrid)
Alisson Becker (Brasil/Liverpool)
Karim Benzema (Prancis/Real Madrid)
Edinson Cavani (Uruguay/PSG)
Thibaut Courtois (Bbelgia/Real Madrid)
Cristiano Ronaldo (Portugal/Juventus)
Kevin De Bruyne (Belgia/Man City)
Roberto Firmino (Brasil/Liverpool)
Diego Godin (Uruguay/Atletico Madrid)
Antoine Griezmann (Prancis/Atletico Madrid)
Eden Hazard (Belgia/Chelsea)
Isco (Spanyol/Real Madrid)
Harry Kane (Inggris/Tottenham)
N’Golo Kante (Prancis/Chelsea)
Hugo Lloris (Prancis/Tottenham)
Mario Mandzukic (Kroasia/Juventus)
Sadio Mane (Senegal/Liverpool)
Marcelo (Brasil/Real Madrid)
Kylian Mbappe (Prancis/PSG)
Lionel Messi (Argentina/Barcelona)
Luka Modric (Kroasia/Real Madrid)
Neymar (Brasil/PSG)
Jan Oblak (Slovenia/Atletico Madrid)
Paul Pogba (Prancis/Manchester United)
Ivan Rakitic (Kroasia/Barcelona)
Sergio Ramos (Spanyol/Real Madrid)
Mohamed Salah (Mesir/Liverpool)
Luis Suarez (Uruguay/Barcelona)
Raphael Varane (Prancis/Real Madrid)