Baru Saja Persija Menjadi Juara Liga, Persija Mencoba Gapai Target di Liga Champions Asia

JKTNEWS.COM – Persija Jakarta keluar sebagai juara Liga 1 2018. Target selanjutnya adalah mencoba lolos ke fase grup Liga Champions Asia (LCA) 2019.

Sebagai juara Liga 1, Persija berhak tampil di Liga Champions Asia 2019. Langkah Macan Kemayoran relatif cukup berat dan berani untuk menuju babak grup di ajang paling elite antar klub di Asia itu.

Persija harus merangkak lewat dua kali babak pre eliminary dan satu kali babak play off. Penampilan pertama dimulai dengan menghadapi klub Singapura, Home United, pada 5 Februari 2019.

Andai bisa meraih kemenangan, Persija ditunggu oleh wakil Australia, Newcastle Jets, di babak pre eliminary kedua. Pertandingan itu diadakan pada 12 Februari 2019.

Jika sanggup meraih kemenangan lagi, Persija harus menjalani laga play off dengan juara bertahan LCA, Kashima Antlers, pada 19 Februari 2018.

Apabila Persija mampu menyapu bersih pertandingan, Ismed Sofyan dkk akan melaju ke babak penyisihan untuk tergabung di Grup E bersama Gyeongnam FC (Korea Selatan) dan Johor Darul Ta’zim (Malaysia).

Direktur Utama Persija, Gede Widiade, berangan-angan untuk membawa Persija melaju sejauh mungkin.

“Target kami di LCA itu lolos ke group stage. Insya Allah kami bisa melewati fase grup,” ujar Direktur Utama Persija, Gede Widiade, dalam acara dengan sponsor Specs, baru-baru ini.

Laga-laga Liga Champions Asia yang lebih dini ketimbang Liga 1 tidak membuat Persija risau harus mengeluarkan uang kontrak ekstra kepada pemain. Manajemen Persija mengikat pemain bintang selama minimal dua musim.

“Untuk liga masih agak panjang (mulainya), masih sekitar April 2019, tapi tidak kalah penting ada Liga Champions Asia pada Februari. Tapi, dengan kontrak pemain hampir 90 persen selama dua tahun, saya relatif tidak terlalu risau,” ujar dia.

Pertandingan di babak pre eliminary dijalani dengan satu kali pertandingan. Dalam pertandingan itu berlaku extra time dilanjutkan penalti untuk menentukan pemenang. Babak grup Liga Champions Asia tinggal menyisakan delapan tempat yang diperebutkan 24 tim. Untuk Persija, andai tidak berhasil melaju ke babak grup, akan bermain di Grup C AFC Cup.