Cara Cek Backlink Kompetitor dengan Mudah!

Cara Cek Backlink Kompetitor dengan Mudah!

Saat melakukan SEO optimasi, ada banyak cara yang bisa bizzie gunakan untuk mendapatkan backlink kualitas terbaik . Salah satu kegiatan yang sudah lama dilakukan oleh para praktisi SEO adalah memata-matai dan mencari tahu sumber backlink dari website kompetitor .

Bagi bizzie yang masih baru dalam dunia SEO, tidak bisa dipungkiri jika anda masih bingung bagaimana cara cek backlink kompetitor . Pengecekan backlink sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Cara Cek Backlink Kompetitor 

Saat akan melakukan cara cek backlink kompetitor Bizzie , anda bisa menggunakan beberapa tools atau yang sering disebut dengan Backlink Checker. Ada beberapa tools lain yang bisa bizzie gunakan sebagai berikut :

1. Ahrefs 

Cara cek backlink kompetitor yang pertama adalah Bizzie bisa menggunakan bantuan tools dari Ahrefs . Ahrefs adalah alat pemeriksa backlink yang bisa digunakan Bizzie untuk mengecek backlink kompetitor . Tools ini banyak digunakan oleh para praktisi SEO.

Menggunakan alat Ahrefs sangat mudah karena bizzie hanya perlu memasukkan alamat situs web di kotak penjelajah situs. Setelah bizzie memasuki bizzie halaman , data lengkap bisa langsung disajikan terkait jumlah dan sumber backlink milik kompetitor.

Saat bizzie menggunakan tool yang satu ini, tidak hanya akan memberikan data backlink saja , namun beberapa informasi penting lainnya akan diberikan. Untuk beberapa informasi lain yang bizzie dapatkan yaitu nilai PA dan DA, anchor, kata kunci organik , referral domain dan masih banyak lainnya.

2. Penjelajah Tautan Moz

Cara cek backlink pesaing bizzie bisa menggunakan tools dari Moz Tautan . Moz Link sendiri masih menjadi salah satu tools yang banyak digunakan oleh para praktisi SEO karena handal.

Cara menggunakan Moz Link Explorer sangat mudah karena bizzie hanya perlu memasukan alamat website kompetitor di kotak pencarian. Ketika bizzie sudah berhasil masuk ke website milik kompetitor, bizzie harus menunggu beberapa menit untuk mendapatkan nilai PA dan DA, anchor text dan lain-lain.

3. SEMRush 

Cara cek backlink pesaing ketiga Bizzie bisa menggunakan tools SEMRush . SEMRush adalah sebuah alat yang memiliki fungsi untuk mengetahui backlink dari kompetitor. Cara menggunakannya sama dengan alat-alat sebelumnya.

Sebelum menggunakan Bizzie tools, Anda bisa menyalin backlink dari kompetitor dan langsung memasukkannya di kolom yang tersedia. Ketika bizzie sudah memasukkan backlink , Anda harus menunggu beberapa saat hingga data metrik dari alat tersebut muncul. Data penting yang bizzie dapatkan mulai dari backlink , anchor text, organic traffic dan masih banyak lagi lainnya.

Para praktisi SEO tentu sudah tidak asing lagi dengan beberapa tools yang disebutkan di atas. Gunakan salah satu pilihan alat yang dijelaskan di atas untuk membantu Bizzie menemukan backlink dari pesaing.

4. Megah

Cara cek backlink kompetitor keempat adalah bizzie bisa menggunakan alat checker dari Majestic. Saat bizzie menggunakan alat ini, dia akan diberikan banyak analisis mengenai kualitas situs web berdasarkan strategi membangun tautan sebelumnya.

5. Pi Datametrik

Pi Datametrick adalah alat untuk mengecek backlink kompetitor untuk membantu menjawab kebutuhan perusahaan dalam mengukur SEO.

Saat menggunakan alat ini, bizzie akan mendapatkan data mengenai ringkasan kinerja lalu lintas, peringkat halaman situs web, mesin pencari, dan efektivitas dalam kampanye.

Manfaat Cek Bakclink Kompetitor

Setelah Bizzie melakukan cara cek backlink kompetitor yang sudah disebutkan di atas, maka akan ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan. Untuk penjelasan lebih jelas mengenai manfaat cek backlink kompetitor bizzie , simak di bawah ini:

1. Membantu Implementasi Strategi ATM

Manfaat utama saat Bizzie mengecek backlink kompetitor adalah memudahkan mereka dalam melakukan strategi ATM. Singkatan dari ATM sendiri adalah Amati, Tiru dan Modifikasi.

Saat mengecek backlink kompetitor , Bizzie akan diberikan banyak referensi dan informasi tentang bagaimana melakukan link building. Link building adalah salah satu teknik yang digunakan untuk membangun backlink .

2. Dapat Membantu Mengantisipasi Saat Page Rank Menurun

Era perkembangan teknologi saat ini mengakibatkan persaingan Google semakin ketat. Para praktisi SEO sudah tidak asing lagi dengan kejadian dimana page rank mengalami penurunan dan ada beberapa cara yang bisa bizzie gunakan dalam masalah yang satu ini.

Saat mengecek backlink , kompetitor mendapatkan satu keuntungan. Salah satu keuntungan tersebut adalah bizzie akan diberikan informasi keyword apa yang sedang diincar oleh kompetitor. Setelah bizzie mendapatkan informasi tersebut, bizzie dapat mengantisipasi penggunaan kata kunci.

3. Menyediakan Desain Strategi Outranking Website Pesaing

Untuk manfaat yang terakhir, dalam cara cek backlink kompetitor , Bizzie akan diberikan kemudahan untuk mengembangkan strategi outranking dari website kompetitor. Outranking yang dimaksud pada kesempatan ini adalah strategi yang memiliki fungsi menggeser posisi atau ranking halaman website kompetitor.

Dengan melakukan kegiatan analisis, bizzie akan diberikan kekuatan lebih dalam memilih backlink , jenis konten, dan bobot konten. Cara lain yang bisa digunakan oleh bizzie adalah dengan memberikan banyak backlink untuk menuju ke halaman website bizzie .

Itulah ulasan singkat tentang cara cek backlink kompetitor dan semoga bisa membantu bizzie yang membutuhkan informasi tentangnya.