4 Alasan Mengapa Cara Mengoptimalkan YouTube untuk Website Patut Dipertimbangkan

6 Cara Mengoptimalkan YouTube untuk Website Bisnis Anda

Membuat website yang dikenal luas dan sering dikunjungi orang memang bisa menjadi pekerjaan sulit di tengah persaingan yang semakin ketat akhir-akhir ini. Nah, salah satu alat promosi yang potensinya lebih kuat adalah YouTube . Lantas apakah ada cara mengoptimalkan YouTube untuk website agar mendapatkan trafik organik? Silakan lanjutkan membaca untuk mengetahui lebih lanjut.

4 Alasan Mengapa Cara Mengoptimalkan YouTube untuk Website Patut Dipertimbangkan

Ya, ada beberapa alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk mengoptimalkan YouTube untuk situs web Anda. Seperti yang Anda ketahui, setiap strategi pemasaran online memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tidak terkecuali menggunakan YouTube.

Namun, ada alasan yang jelas mengapa metode ini layak dipertimbangkan, antara lain:

  • YouTube adalah situs web terpopuler kedua di dunia; Fakta ini memungkinkan berbagi video media sosial menawarkan peluang ini untuk menjangkau lebih dari 2 juta pengguna aktif bulanan
  • Jangkau orang yang lebih menyukai video daripada teks; Konten audiovisual terbukti semakin menarik bagi audiens daripada teks. Untungnya, Anda dapat menyesuaikan kembali konten tertulis di blog Anda menjadi video YouTube
  • Pemasaran video telah terbukti berhasil; sama-sama membutuhkan usaha, video marketing menjanjikan potensi yang lebih kuat, apalagi strategi ini juga terbukti cukup berhasil untuk sebagian besar bisnis
  • YouTube bisa menjadi sumber penghasilan tambahan; tentunya jika channel anda populer dan dikelola dengan bijak maka bisa mendatangkan keuntungan tambahan yang juga cukup signifikan

6 Cara Mengoptimalkan YouTube untuk Situs Web

Ya, Anda perlu menerapkan strategi khusus untuk menjadikan YouTube sebagai alat berharga yang dapat mendatangkan lalu lintas organik ke situs web Anda.

Jadi, tidak hanya membuat saluran lalu menambahkan video dari waktu ke waktu. Anda tetap membutuhkan usaha ekstra untuk mengefektifkan website, yaitu dengan cara:

1. Terapkan pengoptimalan pada halaman dan video YouTube

Pastikan video dan saluran Anda dapat ditemukan oleh target Anda nanti. Artinya, cara mengoptimalkan YouTube untuk website Anda perlu menerapkan riset kata kunci dan menerapkannya secara alami (judul, deskripsi video, dan tag).

thumbnail yang representatif , membuat subtitle, dan transkrip untuk melengkapinya.

2. Promosikan situs web Anda di bagian Tentang

Sertakan informasi tentang merek Anda di bagian Tentang di saluran YouTube. Cara mengoptimalkan youtube untuk situs web Anda Anda dapat menggunakan bagian ini untuk menekankan siapa Anda dan mengapa audiens Anda perlu memperhatikan. Lengkapi teks deskripsi video dan tautan di bawah ini dengan tautan balik ke situs web Anda.

3. Sertakan tautan khusus ke bagian situs web

Setiap video yang Anda unggah pasti memiliki penjelasannya masing-masing. Dan karena itu, kemungkinan backlink yang Anda cantumkan akan mengarahkan pengunjung ke website Anda secara khusus. Jadi, video YouTube akan dialihkan ke halaman situs web dengan konten yang relevan.

4. Sertakan CTA ke situs web Anda di video YouTube

CTA yang tepat dapat mempermudah pemirsa untuk melakukan apa yang mereka atau Anda ingin mereka lakukan. Jadi, Anda dapat melakukan ajakan bertindak dalam skrip tampilan video, kartu YouTube berisi tautan yang merupakan CTA.

5. Tambahkan sampul saluran yang berisi tautan ke situs web

Anda juga dapat meletakkan tautan di bagian seni saluran YouTube. Hal ini dapat mempermudah pemirsa dengan minat yang relevan untuk menemukan saluran dan bisnis Anda nanti.

6. Jika memungkinkan, sisipkan tautan di bagian Komentar

Cara ini bisa meningkatkan engagement karena Anda juga terlibat aktif sebagai peserta chat. Jadi, ketika penonton bertanya tentang video Anda, berikan jawaban yang memuaskan. Untuk lebih memuaskan mereka, undang mereka untuk mengunjungi situs Anda untuk informasi lebih detail.

Kesimpulan

Memang, membuat channel YouTube yang sukses juga membutuhkan kerja keras. Namun jika Anda menerapkan cara optimasi YouTube untuk website yang benar, bukan tidak mungkin Anda bisa meraih kesuksesan di keduanya sekaligus. menarik kan?