6 Alat untuk Melihat Ranking Website di Google

6 Alat untuk Melihat Ranking Website di Google

Jika kita berbicara tentang peringkat website, tentu semua orang ingin website mereka bisa mendapatkan peringkat pertama di mesin pencari Google . Dengan mendapatkan peringkat pertama di Google bukanlah hal yang mudah untuk dicapai. Ditambah lagi jika kata kunci yang dibidik memiliki pesaing yang berat.

Untuk dapat meningkatkan traffic website, langkah pertama yang perlu Bizzie lakukan adalah mengecek ranking website di Google. Proses pengecekan ini juga bertujuan untuk memantau bagaimana performa SEO pada website bizzie .

Jika misalnya Anda tidak mendapatkan peringkat yang bagus, berarti bizzie harus melakukan optimasi SEO yang lebih baik lagi. Disebutkan bahwa setiap detik ada 60 ribu pencarian yang dilakukan pengguna melalui Google. Itu sebabnya ranking website di Google perlu diperhatikan. Lalu adakah tools untuk melihat peringkat website di Google?

6 Alat yang Digunakan untuk Cek Ranking Website

Sebagai pemilik website, Bizzie pasti berharap website yang Bizzie kelola bisa menduduki peringkat teratas di Google, bukan? Google saat ini merupakan mesin pencari terbesar yang banyak digunakan untuk mencari informasi. Jika misalnya website bizzie berada di posisi teratas, tentu banyak keuntungan yang bisa didapat.

Baik itu mulai dari meningkatkan jumlah trafik web bahkan hingga meningkatkan keuntungan bisnis. Itu sebabnya, banyak pemilik web yang akhirnya melakukan berbagai teknik SEO , salah satunya adalah membidik kata kunci yang tepat agar websitenya nanti berada di peringkat atas.

Sedangkan untuk mengetahui seberapa efektif teknik SEO yang telah dilakukan, bizzie bisa mengecek peringkat website di Google. Biasanya pemilik web akan mengecek secara manual dengan memasukkan kata kunci di mesin pencari Google dan berharap website Anda muncul di hasil pencarian.

Bisa dibilang cara ini sebenarnya kurang akurat karena hasil yang ditampilkan oleh Google mungkin dipengaruhi oleh faktor lokasi dan history browsing bizzie sebelumnya. Jika ya, apakah ada alat untuk melihat peringkat situs web di Google?

1. Google Search Console

Alat pertama untuk melihat peringkat situs web di Google adalah Google Search Console, yang merupakan alat yang dikembangkan dan dikelola oleh Google. Tool ini menyediakan berbagai informasi penting yang sangat berguna bagi pemilik web seperti:

  • Kata kunci yang diindeks di situs web
  • Jumlah klik yang dihasilkan oleh web
  • Metrik tren selama periode tertentu

Sedangkan untuk melihat ranking website di Google Search Console, bizzie bisa membuka performance dashboard. Di dalamnya Anda akan melihat total klik, total impresi, rata-rata CTR atau Click Through Rate, dan rata-rata posisi website bizzie .

2. Ahrefs

Alat untuk melihat ranking website di Google kemudian adalah Ahrefs yang akan memungkinkan bizzie untuk mengecek ranking website melalui desktop atau perangkat mobile di 170 negara. Alat ini juga cukup mudah digunakan dan memiliki berbagai fitur yang dapat bekerja dengan sangat baik.

Di sini, bizzie cukup memasukkan domain ke dalam kotak pencarian yang disediakan, dan alat tersebut akan bekerja secara otomatis untuk melakukan analisis.

3. Robot Serp

Alat untuk melihat peringkat website di Google adalah SerpRobot yang merupakan alat sederhana untuk memeriksa peringkat situs web berdasarkan beberapa kata kunci yang ditargetkan. Tool ini juga bisa dikatakan cukup mudah digunakan, dimana bizzie hanya perlu memasukan link url website , memilih negara atau lokasi tertentu, dan memasukan beberapa kata kunci yang bizzie targetkan pada website.

Nantinya SerpRobot ini akan menampilkan hasil analisa dengan beberapa detail yaitu kata kunci yang digunakan pada web, posisi website, juga url link halaman web tersebut.

4.SEMRush _

Tool selanjutnya untuk melihat ranking website di Google adalah SEMRush dimana tool ini dapat memberikan banyak informasi mengenai performa website bizzie . Sekarang bizzie dapat memeriksa peringkat situs web, meneliti kata kunci, menganalisis backlink , memantau perubahan algoritme, dan lainnya.

Untuk mengecek ranking website, bizzie bisa memilih fitur SEO Toolkit lalu pilih menu Position Tracking. SEMRush sendiri juga akan menampilkan posisi website berdasarkan kata kunci yang Bizzie targetkan.

5.Moz Pro _

Bagi bizzie yang sudah terbiasa menggunakan Google Analytics , kini bizzie bisa mencoba menggunakan tools Moz Pro. Bisa dibilang tampilan Moz Pro terlihat lebih mudah dipahami bagi pengguna Google Analytics. Data yang disediakan meliputi tabel dan grafik pergerakan peringkat situs, yang dapat dengan mudah dianalisis bizzie dari waktu ke waktu.

Moz Pro juga dapat mengecek peringkat situs secara lebih detail, seperti melacak jutaan kata kunci dan perubahan yang terjadi berdasarkan lokasi. Fitur utama yang ditawarkan selain pengecekan peringkat situs, yaitu dapat digunakan untuk mengaudit situs, menganalisis kata kunci, dan menganalisis backlink .

6. Pelacak ProRank

ProRankTracker adalah alat yang dikembangkan khusus untuk melacak dan menganalisis peringkat kata kunci. Kemudian nanti, pengguna dapat melihat data.

Analisis yang diberikan oleh ProRankTracker juga akan memungkinkan bizzie untuk melihat kata kunci yang digunakan untuk menemukan situs bizzie .

Hal ini tentunya akan berguna untuk mengontrol kata kunci selanjutnya yang harus digunakan dalam artikel di situs bizzie nanti. Bizzie nantinya dapat membagikan hasil ini dengan klien dalam format XLSX, PDF, atau CSV.

Bagaimana? Sudahkah bizzie mengerti bahwa sebenarnya ada beberapa tools untuk melihat ranking website di Google yang bisa langsung Anda coba .