Demikian penjelasan lengkap tentang cara riset produk dengan Google Trend

Demikian penjelasan lengkap tentang cara riset produk dengan Google Trend

Menggunakan Google Trends untuk melakukan riset produk merupakan langkah strategis dalam membangun bisnis yang sukses. Terlebih lagi, kini ada beberapa fitur yang dimiliki oleh Google Trend.

Ada semua tools di Google Trend yang bisa digunakan secara gratis dan gratis. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara tuntas bagaimana cara riset produk dengan Google Trend sebagai berikut.

Cara Meneliti Produk Dengan Google Trend

Google Trend adalah situs web yang dapat digunakan untuk meneliti beberapa kata kunci. Bahkan untuk website saat ini sedang menjadi topik hangat yang sedang banyak diperbincangkan oleh masyarakat.

Saat bizzie menggunakan Google Trend, pengguna juga dapat mencari beberapa kata kunci terpopuler. Tidak hanya itu, bizzie juga memberikan hasil mengenai kata kunci yang sering atau banyak dicari oleh para pengguna internet.

Selain itu, untuk keperluan penelitian, artikel Google Trend juga dapat digunakan untuk menyesuaikan produk dengan tren konsumsi dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, bizzie harus mengetahui bagaimana melakukan riset produk dengan Google Trend agar bisa dijadikan bekal strategi pemasaran.

Ada beberapa cara riset produk dengan Google Trend yang harus dilakukan oleh komunitas. Untuk beberapa cara atau langkah yang perlu dilakukan adalah :

  1. Buka Situs Google Trend

Cara riset produk dengan Google Trend yang pertama adalah dengan membuka situs terlebih dahulu. Ketika bizzie sudah ada di halaman utama langsung diberi tulisan “find what the world is searching for”.

  1. Lakukan Perubahan Lokasi

 

Cara kedua yang bisa bizzie lakukan adalah mengubah lokasi. Untuk bizzie yang ingin berpindah lokasi, bisa memilih menu di pojok kanan atas. Pilih saja lokasi negara sesuai dengan tempat tinggal Anda.

Ketika Anda tinggal di Indonesia, Anda dapat memilih Negara Indonesia. Setelah bizzie memilih, dia akan diberi kata-kata “apa yang sedang tren di Indonesia”. Ketika bizzie ingin tahu apa yang sedang tren di negara itu, semuanya akan muncul.

Yang terpenting Bizzie memilih negara sesuai dengan kebutuhan Bizzie. Ini juga harus diperhatikan, karena semua hasil pencarian juga berdasarkan negara yang dipilih.

  1. Tuliskan kata pencarian

 

Setelah bizzie pilih negara sesuai keinginan. Nah, cara riset produk dengan Google Trend selanjutnya adalah dengan memasukkan kata pencarian yang ingin Anda ketahui tentang bizzie.

Masukkan saja satu kata yang detail dan juga jelas. Misalnya saat bizzie ingin mencari produk fesyen yang sedang ramai di tahun ini. Untuk keyword atau kata kunci yang bizzie bisa tuliskan pada kolom tersebut adalah “Fashion 2022”.

Setelah itu, bizzie bisa langsung menekan tombol enter. Tunggu beberapa saat hingga muncul tabel grafik tren pengguna dari kata kunci fashion dalam satu tahun terakhir.

Pada metode riset produk dengan Google Trend kali ini, bizzie juga dapat mengatur rentang waktu pencarian yang diinginkan. Untuk menu yang bisa kamu pilih, custom time range ada di bagian paling atas.

Tidak hanya grafik yang ditampilkan pada menu, tetapi di bagian bawah juga terdapat beberapa pembagian yang menarik dari pengguna. Kemudian di bagian paling bawah akan ada kata kunci yang berhubungan dengan topik tersebut.

Untuk kata kunci yang berhubungan dengan topik ini sangat penting dan banyak dicari oleh para pengguna Google Trend. Pengguna juga akan diberikan beberapa daftar topik dan hasil pencarian terkait kata kunci yang dicari.

Bahkan pengguna juga bisa mengetahui apakah nilai topik kata kunci tersebut terus meningkat persentasenya. Ketika kata kunci tersebut masih memiliki tulisan breakout, maka kata kunci tersebut mengalami peningkatan hingga 5.000 persen.

  1. Bagikan kata kunci

Cara terakhir untuk meriset produk dengan Google Trend adalah membagikan beberapa kata kunci. Cara ini bisa digunakan untuk membandingkan performa kata kunci yang dimiliki Bizzie saat ini.

Selain itu, bizzie cukup memasukkan kata kunci di kolom “bandingkan”. Untuk kolom ini biasanya berada di halaman paling atas dan di samping kata kunci pertama.

Sementara itu, grafik dan beberapa informasi lainnya akan muncul di bagian bawah. Untuk hasil kali ini juga akan disesuaikan lagi dengan kata kunci yang akan dibandingkan dengan sebelumnya.

Beberapa Pengaruh Saat Menggunakan Metode Riset Produk Dengan Google Trend

Saat ini berjualan di media sosial sedang dilakukan oleh banyak orang. Seperti yang bizzie ketahui, berjualan di sosial media adalah salah satu cara jualan yang paling efektif.

Apalagi di era digital seperti sekarang, sudah banyak orang yang menggunakan media sosial. Oleh karena itu, bagi bizzies yang ingin terjun atau berjualan di media sosial, ini adalah cara yang tepat.

Sebelum menjual produk di media sosial, ada baiknya bizzie sudah memiliki beberapa strategi terlebih dahulu. Tujuan dari strategi ini adalah untuk dapat mengemas produk yang akan dijual sesuai dengan tren dan pasar.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan metode riset produk dengan Google Trend. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan pengguna adalah:

  1. Dapat Menemukan Ide Produk Potensial.

Seperti yang diketahui bizzie, setiap tahun muncul produk baru. Maka dari itu, dengan melakukan riset produk dengan Google Trend, Anda bisa mendapatkan atau menemukan ide-ide potensial.

  1. Dapat Mempertajam Pemasaran Produk

Memang untuk saat ini banyak orang yang lebih memilih berjualan atau memiliki usaha dibandingkan dengan bekerja sama dengan perusahaan. Namun, bagi bizzie yang tidak memiliki pemasaran produk yang baik, mereka akan kalah dengan beberapa usaha mereka sebelumnya.

Langkah yang bisa dilakukan adalah menerapkan metode riset produk dengan Google Trend terlebih dahulu. Dengan melakukan riset di Google Trends, Anda akan mendapatkan hasil pemasaran produk yang tajam atau tepat sasaran.

  1. Memudahkan pemilik usaha untuk mendapatkan insight

Memperoleh wawasan di era pembangunan saat ini bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, bagi para bizzies yang ingin terjun ke dunia bisnis dapat menggunakan riset produk dengan Google Trends sehingga dapat menambah wawasan tentang apa yang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat.

  1. Memberikan pemahaman bagaimana cara menarik konsumen dengan trend produk yang laris

Efek penggunaan riset produk dengan Google Trend kali ini memberikan dampak yang sangat positif bagi pemilik bisnis. Sehingga pemilik usaha juga bisa memahami produk apa saja yang sedang trending atau sedang naik daun.

  1. Memiliki Sifat Bebas

Saat bizzie menerapkan metode riset produk dengan Google Trend, akan diberikan fitur gratis. Jadi, semua pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya saat akan menggunakan cara ini.

Nah itulah penjelasan mengenai cara riset produk dengan Google Trend. Diharapkan setelah pembahasan di atas dapat membantu masyarakat yang ingin memiliki usaha.