6 Cara Mengatasi Kanibalisasi Keyword Dengan Mudah

6 Cara Mengatasi Kanibalisasi Keyword Dengan Mudah

Kanibalisasi kata kunci adalah masalah SEO yang sering terjadi di banyak situs , tetapi masih belum dianggap sebagai bahaya. Masalah SEO ini sebenarnya bisa berdampak negatif pada CTR website yang mengalami masalah ini.

Biasanya hal ini sering terjadi pada website yang sudah memiliki banyak halaman atau postingan di dalamnya.

Tak hanya itu, kata kunci ini juga sering disebut sebagai kanibalisasi kata kunci yang dikenal dapat menurunkan peringkat setiap halaman yang menggunakan kata kunci yang sama.

Jadi apa sebenarnya kanibalisasi kata kunci ini ? Dan bagaimana cara mengatasi kanibalisasi kata kunci?

6 Cara Mengatasi Kanibalisasi Keyword

Dalam mengoptimasi SEO diperlukan kehati-hatian yang lebih agar nantinya bisa meningkatkan trafik secara maksimal. Jadi salah satu hal yang harus dihindari bizzie adalah kata kunci kanibalisasi.

Mengapa demikian? Sebab, jika sekali bizzie menerapkannya, maka akan berdampak negatif pada performa SEO. Lalu, mengapa hal ini harus dihindari dalam praktik SEO website?

Lalu jika Anda telah menemukan halaman yang memiliki masalah kanibalisasi, lalu apa yang harus Anda lakukan? Dan apa yang harus dilakukan sebagai cara mengatasi kata kunci kanibalisasi ini?

  1. Melakukan Restrukturisasi Website

Cara pertama untuk mengatasi kanibalisasi kata kunci adalah dengan melakukan restrukturisasi website yang merupakan salah satu solusi yang paling sering digunakan untuk mengatasi masalah kanibalisasi kata kunci pada sebuah website.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengubah halaman dengan otoritas tinggi di website Anda menjadi sebuah landing page yang terhubung dengan beberapa halaman lainnya. Misalnya, Bizzie memiliki situs web e-niaga yang menjual sepatu.

Maka bizzi dapat menjadikan halaman website penjualan sepatu tersebut “menjadi halaman otoritatif di website bizzie. Halaman ini nantinya akan di link ke beberapa halaman lain di website bizzie yang relevan dengan penjualan sepatu tersebut, seperti jual sneakers, jual sepatu wanita, jual sneakers dan lain-lain.

  1. Membuat Halaman Arahan Baru

Cara lain untuk mengatasi kanibalisasi kata kunci yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi masalah kanibalisasi kata kunci ini adalah dengan membuat landing page baru. Dapat dikatakan konsep metode ini sama dengan restrukturisasi website yang telah dijelaskan sebelumnya.

Namun, dalam hal ini, bizzie harus membuat landing page baru yang akan ditautkan ke sejumlah halaman otoritas tinggi di website bizzie. Misalnya, bizzie memiliki situs web e- commerce sepatu .

Kemudian bizzie dapat membuat landing page baru sesuai dengan produk yang ada di e-commerce Anda, seperti halaman berjudul sepatu hiking. Halaman sepatu hiking ini nantinya akan muncul pada halaman produk di website bizzie yang masuk dalam kategori sepatu hiking.

Tidak hanya mengatasi masalah kanibalisasi kata kunci, namun dengan menerapkan hal tersebut struktur website bizzie akan menjadi lebih baik lagi.

  1. Konsolidasi Konten

Cara lain untuk mengatasi kanibalisasi kata kunci yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kanibalisasi kata kunci ini adalah konsolidasi konten. Konsolidasi konten ini sendiri mengacu pada penggabungan beberapa konten menjadi satu.

Jika bizzie memiliki beberapa konten artikel di website yang menargetkan kata kunci yang sama, maka bizzie dapat mempertimbangkan untuk menggabungkan keduanya menjadi satu artikel. Kemudian nantinya bizzie dapat memilih kata kunci dengan angka volume pencarian tertinggi dan nilai kesulitan rendah sebagai kata kunci yang Anda gunakan dalam artikel gabungan bizzie.

Tentunya dengan melakukan hal tersebut, kini bizzie tidak hanya menyelesaikan masalah kanibalisasi kata kunci di website, tetapi juga menghasilkan aset yang dapat ditautkan atau konten dengan otoritas tinggi di situs Anda yang berpotensi mendatangkan lalu lintas, kunjungan, dan tautan juga.

  1. Menemukan dan Menggunakan Kata Kunci Baru

Jika misalnya bizzie memiliki 2 halaman website dengan masalah kanibalisasi kata kunci, namun keduanya tidak berhubungan satu sama lain, maka bizzie tidak dapat menggabungkannya (konsolidasi). Oleh karena itu mengubah kata kunci target di salah satu halaman adalah salah satu solusi terbaik yang bisa Anda ambil.

Jadi cobalah untuk melakukan penelitian kata kunci baru untuk salah satu halaman tersebut. Kemudian, lakukan editing lalu ubah kata kunci target pada halaman artikel tersebut. Dalam hal ini, pastikan juga kata kunci baru tersebut relevan dengan konten halaman yang sedang Anda edit. Inilah cara mengatasi kanibalisasi kata kunci berikutnya.

  1. Menghapus Salah Satu Halaman Website

Menghapus satu atau beberapa halaman website yang memang memiliki masalah kanibalisasi kata kunci juga menjadi solusi yang bisa Anda pertimbangkan. Walaupun sebenarnya terdengar ekstrim, solusi ini paling sederhana untuk dilakukan.

Dalam hal ini, bizzie harus mempertimbangkan untuk memilih halaman mana di situs web yang kurang relevan dengan bizzie dan kemudian menghapusnya.

Jika misalnya Anda merasa menyesal menghapus halaman website yang telah dibuat, maka Bizzie juga bisa mempertimbangkan untuk mengajukan deindex halaman website tersebut di SERP. Dengan begitu masalah kanibalisasi kata kunci juga bisa teratasi

  1. Menggunakan 301 Redirect

Tahukah Anda bahwa penggunaan redirect 301 juga diketahui dapat membantu mengatasi efek negatif yang ditimbulkan dari kanibalisasi kata kunci ini.

Dalam hal ini bizzie dapat me-redirect atau mengalihkan 301 halaman kurang relevan yang terdeteksi dengan masalah kanibalisasi kata kunci ini ke halaman yang relevan. Dengan cara ini, CTR ke halaman yang relevan tidak akan terganggu.

Jika saat ini bizzie sedang mengalami masalah seperti di atas, maka coba ikuti beberapa cara mengatasi kanibalisasi kata kunci seperti yang sudah dijelaskan di atas.